Me & PlendQuw ^,^

Jumat, 21 Mei 2010

     Liputan6.com, Jakarta: Untuk memperluas pangsa pasarnya, perusahaan ritel asal Prancis, Carrefour, akan membeli mayoritas saham Alfa Supermarket. Carrefoer sepakat akan membeli 75 persen saham Alfa , 
beberapa gerai tepatnya 17 gerai, akan berubah nama menjadi Carrefour Express dengan total pembelian maksimum mencapai Rp 680 miliar. Sebenarnya total gerai yang dimiliki Alfa saat dibeli oleh Carrefour adalah 29. Tetapi beberapa gerai luasnya kurang dari 3.500 meter persegi. Dan ini kurang memenuhi syarat untuk disebut sebagai Hypermarket. Oleh karena itu gerai-gerai tersebut dibanding dengan nama Carrefour Express. Sisanya dengan nama Carrefour. Carrefour Express sendiri adalah format Supermarket yang dimiliki oleh Carrefour, disamping format Hypermarket yang sebelumnya telah dikenal luas dengan nama Carrefour.

     Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, Handaka Santosa, menilai upaya Carrefour memiliki mayoritas saham Alfa hanya sebagai strategi bisnis. Pembelian saham ini menurutnya tidak akan mempengaruhi persaingan bisnis ritel di Indonesia. Sementara itu, anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Erwin Syahril, menyesalkan belum adanya peraturan pemerintah tentang akuisisi perusahaan ritel. Sebab, ia melihat upaya pembelian saham Alfa ini akan berdampak terhadap persaingan usaha tidak sehat.

     Menurut data KPPU, pangsa pasar Carrefour saat ini mencapai 40 persen dengan total penjualan Rp 7 triliun setiap tahun. Alfa sendiri memiliki puluhan gerai di seluruh Indonesia. Jika akuisisi Alfa berhasil, pangsa pasar keduanya bisa mencapai separuh dari keseluruhan bisnis ritel modern di Indonesia.(ADO/Tim Liputan 6 SCTV).



Sumber : 
http://infopulsa.com/2007/12/24/carrefour-akuisisi-alfa-supermarket/
http://beritaretail.wordpress.com/2008/07/24/akuisisi-75-saham-alfa-oleh-carrefour/

0 Comments:

Post a Comment